Kuliner

10 Kuliner Khas Sidoarjo Yang Paling Enak

Kuliner Khas Sidoarjo

Setiap daerah pasti mempunyai makanan khas yang menjadi daya tarik tersendiri. Sidoarjo juga mempunyai beberapa makanan khas yang enak, lezat dan cukup unik sehingga selalu di cari oleh wisatawan yang pergi ke Sidoarjo.

Jalan – jalan ke kota ini sangat pas kalo nyicipin kuliner nya, terutama kuliner khas tradisional maupun modern yang sama-sama enak karena memakai bumbu khas Sidoarjo.

10 kuliner khas Sidoarjo yang paling enak :

1. Bandeng Asap

Bandeng Asap Sidoarjo

Kuliner khas Sidoarjo ini sudah sangat terkenal dan biasa dijadikan oleh para wisatawan yang berkunjung dijadikan sebagai oleh-oleh khas dari Sidoarjo. Ikan bandeng memang menjadi hasil tambak yang utama di Sidoarjo.

Duri ikan yang banyak sudah dicabuti terlebih dahulu lalu bandeng asap ini dibuat dengan cara dimatangkan melalui proses pengasapan. Bandeng asap yang paling terkenal dan enak di Sidoarjo salah satu nya adalah Bandeng Asap Bu Djalil.

Lokasinya terletak di Jl. Kelurahan Bulusidokare, Gang Sumbawa No 41, Kec. Sidorajo, Bulusidokare, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Harga nya pun berkisar Rp. 25.000,00 per kotak/porsinya.

2. Kerupuk Udang

Kerupuk Udang Sidoarjo

Selain ikan bandeng, Sidoarjo juga merupakan penghasil udang tambak terbesar. Banyak olahan daging udang salah satu nya adalah kerupuk udang yang enak dan menjadi cemilan bahkan pendamping ketika menyantap nasi dan lauknya.

Kerupuk udang merupakan makanan yang berbahan dasar adonan tepung tapioka dan udang yang sudah ditumbuk halus kemudian diberi bumbu dan penambah rasa.Kemudian adonan tersebut dikukus sampai matang lalu diiris tipis-tipis dan dijemur diterik matahari. Irisan kerupuk yang sudah kering pun siap untuk digoreng kapanpun. Banyak sekali terdapat jualan kerupuk udang di Sidoarjo, kamu bisa menjmpai nya di toko-toko oleh-oleh maupun pasar di Sidoarjo. Harganya pun beragam mulai dari Rp. 6.000,00 per kilo nya.

3. Lontong Kupang

Lontong Kupang Sidoarjo

Salah satu makanan khas Sidoarjo adalah lontong kupang. Kupang merupakan sejenis kerang atau tiram namun berukuran jauh lebih kecil daripada mereka. Mereka banyak hidup di pesisir pantai yang berlumpur.

Hidangan ini disajikan dengan lontong, lentho, sate kerang dan bumbu petis ditambah dengan perasan jeruk nipis. Lentho adalah olahan dari kacang telo. Pasti rugi kalo mampir ke Sidoarjo tapi belum mencicipi nikmat dan lezatnya makanan khas satu ini.

Lontong Kupang Pak Misari di Jl. Mojopahit No.62, Bulusidokare, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Lontong kupang yang paling enak dan terkenal, kamu langsung aja kesini karena mulai buka dari jam 09:00-15:00 WIB.

4. Bandeng Presto

Bandeng Presto Sidoarjo

Bukan hanya bandeng asap aja yang menjadi panganan khas dan oleh-oleh Sidoarjo, tapi bandeng presto juga gak kalah dari bandeng asap. Bandeng presto diolah dari ikan bandeng yang dimasak dengan cara di presto. Presto merupakan cara memasak dengan menggunakan uap air yang bertekanan tinggi.

Bandeng presto Sidoarjo memiliki cita rasa yang khas sehingga membuatnya digemari banyak orang. Selain aroma dan rasanya yang menggugah selera, duri-durinya yang banyak sudah lunak karena dimasak dengan presto.

Rumah makan Bandeng Presto yang terletak di Jl. Gajah Magersari No 88B RT 16 RW 05 Kabupaten Sidoarjo, Magersari, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Salah satu yang paling terkenal, harga satu porsinya mulai dari Rp. 30.000,00.

5. Telur Asin

Telur Asin Sidoarjo

Kota Sidoarjo juga merupakan salah satu penghasil telur asin, tepatnya di daerah Kebonsari. Daerah ini memang terkenal sebagai kampung bebek dan telur asin. Harga 1 telur nya Rp.2.000,00.

Telur asin ini terbuat dari telur bebek yang diolah dengan cara pengasinan dan diawetkan dengan memberi garam yang banyak.Telur asin juga sangat awet, rata-rata bisa di konsumsi dalam rentan waktu satu bulan.

Telur asin yang dihasilkan dari desa Kebonsari mempunyai beberapa aneka rasa seperti rasa udang dan rasa kepiting. Pilihan telur asin yang dapat dibawa pulang yaitu telur asin panggang dan telur asin rebus.

6. Petis

Petis udang sidoarjo

Meskipun banyak daerah yang menghasilkan petis, tapi masakan satu ini dikenal sebagai masakan khas dari kota Sidoarjo. Petis di kota Sidoarjo paling banyak di produksi di desa Balongdowo. Petis paling enak untuk tambahan lontong kupang dan aneka gorengan.

Petis merupakan masakan yang terbuat dari cairan sisa perebusan ikan. Lalu cairan tersebut dipanasi hingga cairan kuah menjadi kental seperti saus yang lebih padat.

Kemudian petis ditambah dengan gula merah atau gula batok yang menyebabkan warnanya menjadi cokelat pekat cenderung hitam dan rasanya manis. Petis juga biasanya dijadikan sebagai panganan oleh-oleh khas Sidoarjo karena bisa bertahan lama dalam kemasan.

7. Sop Buntut

Sop Buntut Sidoarjo

Sop buntut khas Sidoarjo yang memiliki rasa dan bumbu khas yang gak bisa ditemukan di sop buntut daerah lain, karena kuahnya bening, segar dan tidak berbau amis daging, daging nya empuk dan bumbu yang meresap hingga ke tulang.

Depot Langgeng Sidoarjo yang sangat terkenal dengan sop buntut nya. Depot ini bisa dibilang tidak terlalu besar, tapi gak pernah sepi pengunjung dan bahkan rela mengantri. Selain sop buntut, hidangan lain yang tidak kalah menggugah selera adalah iga bakar, iga penyet dan aneka pepes.

Lokasinya ada di Jl. Kh. Mukmin No.67, Sidokare, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo dan mulai buka dari jam 07:00-21:00 WIB.

8. Terasi

Terasi Sidoarjo

Terasi Sidoarjo ini sangat populer dikota Sidoarjo dan daerah – daerah lain karena rasanya yang sangat lezat. Mempunyai bau khas ini sering digunakan sebagai bumbu dasar dari beberapa jenis makanan.

Berbahan dasar ikan dan udang dan bumbu rempah-rempah, terasi Sidoarjo ini sangat cocok digunakan sebagai bumbu lezat. Terasi khas Sidoarjo juga sering dijadikan sebagai oleh-oleh setelah berkunjung kesini.

Terasi nyonya Siok adalah yang paling terkenal, lokasinya di Jl. Gajah Mada 34 Sidoarjo. Harganya Rp. 30.000,00 per 275gr nya. Dengan kualitas udang dan rasa yang sangat baik dan lezat.

9. Wader Kriuk

Wader Kriuk Sidoarjo

Kliner khas Sidorjo kali ini adalah ikan wader yang diolah menjadi wader kriuk. Wader kriuk juga merupakan oleh-oleh khas Sidoarjo yang sangat populer dan terkenal. Wader ini sangat berbeda dengan wader air tawar.

Wader asli Sidoarjo memiliki rasa yang enak karena berasal dari laut Sidoarjo dan sekitarnya secara langsung. Wader kriuk air laut ini memiliki cita rasa yang gurih khas, dan renyah. Sehingga akan sangat nikmat jika dijadikan cemilan atau dibuat lauk nasi dengan campuran sambal bawang atau sambal terasi.

10. Otak-otak Bandeng

Otak-otak bandeng Sidoarjo

Otak-otak bandeng asal Sidoarjo sangat berbeda dengan otak-otak gersik. Karena otak otak bandeng asal sidoarjo menggunakan kelapa sebagai pelengkap isinya. Dilengkapi juga dengan telor kocok dan bumbu halus disampingnya.

Selain di gersik, otak-otak bandeng juga ada di Kota sidoarjo. Kamu bisa membeli otak-otak bandeng untuk dijadikan oleh-oleh dan dibawa pulang. Yang paling terkenal adalah Otak-Otak Bandeng Lapindo di Jl. Ketegan, Tanggulangin, Ketegan Residence RT 2 RW 4, Kalisampurno, Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Harga satu porsinya hanya Rp. 20.000,00 dan rasanya sangat lezat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *