Kuliner

10 Kuliner Semarang Yang terkenal dan Bikin Kamu Ketagihan

10 Kuliner Semarang Yang terkenal dan Bikin Kamu Ketagihan – Semarang menjadi salah satu tempat yang banyak di kunjungi oleh para penjelajah kuriner, karena selain makanan daerah nya yang enak dengan cita rasa jawa yang khas, disini juga banyak banget pilihan makanan yang sangat beragam.

Ada 10 kuliner Semarang yang terkenal, enak dan selalu ramai di Kota Semarang, kamu harus coba nih jangan sampe kamu nyesel ya karena ke Semarang tapi belum nyobain 10 kuliner ini.

  1. Tahu Gimbal

tahu gimbal semarang

Salah satu kuliner khas Semarang adaalah tahu gimbal yang terdiri tahu goreng, gimbal, tempe, irisan kol dan disiram dengan sambal kacang. Gimbal adalah udang yang digoreng dengan tepung.

Gimbal memiliki rasa yang gurih, manis, dan juga pedas. Kamu bisa mencoba kuliner ini di Simpang Lima. Harga seporsinya, sekitar Rp 10 ribu. Bukan hanya murah rasanya pun enak dan sangat memanjakan lidah kamu.

Mulai buka dari pagi sampai sore dan selalu ramai, kamu harus rela mengantri kalo sudah jam siang dan jangan terlalu sore karena biasanya tahu gimbal cepat sekali habisnya.

  1. Tahu Pong

tahu pong semarang

Berikut nya kuliner Khas Semarang yang berasal dari tahu adalah tahu pong. Tahu goreng yang garing dan gurih. Saat digigit, tahu ini tidak berisi apapun atau kopong, oleh sebab itu tahu ini dinamakan tahu pong.
Tahu Pong enak disantap saat panas. Lalu dicocol petis udang yang encer, berteman acar dan ulekan kasar cabai hijau. Rasanya sungguh membuat ketagihan. Harga seporsi tahu ini adalah Rp 6 ribu saja.

Kamu bisa menemukan penjual tahu pong di Simpang Lima, atau yang terkenal adalah di Jl. Gajah Mada berseberangan dengan Gereja Bethel. Mulai buka dari pagi sampai malam jadi jangan takut kehabisan.

  1. Wingko Babat

wingko babat semarang

Kuliner yang satu ini merupakan jajanan dan juga teman santai saat ngopi atau teh biasa juga dijadikan sebagai oleh – oleh ketika berkunjung ke Semarang. Wingko babat merupakan jajanan yang terbuat dari ulenan beras ketan dan kelapa yang dibakar.

Wingko babat juga bukan hanya terkenal di Semarang tapi di daerah –daerah lain pun cukup terkenal. Wingko babat saat ini memiliki berbagai macam varian rasaseperti rasa coklat, durian , nangka juga kelapa muda.

Harga satu wingko babat mulai dari Rp. 1.500,00 satu bijinya. Biasanya, banyak wisatawan yang membeli makanan ini dalam jumlah puluhan untuk oleh-oleh. Anda bisa menemukan wingko babat di kawasan simpang lima karena banyak toko –toko yang berjualan disana.

  1. Lumpia

lumpia semarang

Rasanya belum pas kalau berkunjung ke Semarang tanpa mencicipi. Makanan yang dibuat dengan adonan tepung yang dibuat bundar kemudian diberi isian lalu dilipat dan digulung, baru digoreng di minyak panas.

Isian dari makanan ini adalah daging ayam, bawang putih, telur orak-arik, ebi, kecap, potongan sayuran, bahkan rebung. Untuk memakannya bisa dengan cara mencocolnya bersama saus, kecap dan juga cabe rawit.

Salah satu lumpia yang enak dan terkenal adalah Loenpia Mbak Lien yang letaknya di Jl. Pemuda Gang Grajen No.1, Bangunharjo, Pandansari, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Harganya mulai dari Rp. 3.000,00 per satuan nya tergantung isian nya dan mulai buka dari pukul 08:00 – 22:30 WIB.

  1. Es Conglik

es conglik semarang

Kalau ke Semarang belum mencoba es conglik berarti belum sempurna. Kamu bisa mencicipinya di Simpang Lima tepatnya, di samping Hotel Citraland. Es conglik memiliki sepuluh citra rasa yang segar dan dijamin tanpa bahan pengawet.

Beberapa rasanya adalah coklat, sirsak, kopyor, leci, kelengkeng, belewah, kacang ijo, durian, dan alpukat. Seporsinya, es ini seharga Rp. 10.000,00. Rasanya yang manis dan beragam sangat pas sekali denikmati ketika siang hari.

Es conglik selalu ramai diburu oleh wisatawan maupun masyarakat Semarang karena sudah menjadi kebiasaan menikmati es ini ketika ingin melepaskan rasa haus dan panas nya siang hari di Kota Semarang.

  1. Roti Ganjel Rel

roti ganjel rel semarang

Kue khas Semarang yang sudah terkenal dan khas sekali sebagai oleh – oleh. Teksturnya padat dan agak alot dan bentuknya yang mirip dengan bantalan rel kereta api. Roti ganjel rel merupakan sajian wajib dalam acara dugderan atau pawai sebelum bulan puasa.
kamu  akan sedikit kesulitan menemukan roti ini di pasaran ketika hari biasa. Namun tak perlu khawatir, di pusat oleh-oleh Jalan Pandanaran, terdapat toko yang menyediakan roti ini untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Harganya sekitar Rp. 20.000,00 per kotak.
Rasakan sendiri nikmat dan lezatnya roti ganjel rel yang cocok sekali dinikmati sambil meminum kopi, teh ataupun susu panas karena sangat memanjakan lidah mu.

  1. Babat Gongso

babat gongso semarang

Babat gongso adalah potongan babat dan juga jeroan lainnya, seperti ati, limpa, paru atau iso, yang dimasak dengan bumbu kecap yang kental. Rasa manis dan pedas begitu terasa. Tak hanya itu, babat ini sangat empuk.

Untuk satu porsinya memiliki harga R. 25.000,00. Meskipun cukup mahal, tapi rasanya sangat enak dan dijamin pasti ketagihan. Babat Gongso adalah salah satu kuliner khas Semarang  yang wajib dicoba bagi kamu pecinta babat.

Kamu bisa menemukannya di Nasi Goreng Pak Karmin, Jl. Pemuda (Samping Jembatan Mberok), Semarang. Selain nasi goreng babat, babat gongso di sini terkenal dengan rasanya yang khas dengan bumbu khas Semarang.

  1. Nasi Ayam

nasi ayam semarang

Banyak sekali nasi ayam di berbagai daerah, namun nasi ayam khas Semarang memiliki ciri khas tersendiri. Selain itu penyajian nya juga masih banyak mamakai als dengan daun pisang. Banyak sekali yang berjualan nasi ayam di Semarang.

Nasi Ayam Semarang mirip-mirip dengan nasi liwet khas kota Solo. Nasi Ayam ini berupa sajian nasi putih yang terasa gurih karena dimasak dengan santan, yang disantap dengan suwiran daging ayam, sambal goreng labu siam dan krecek, tahu bacem atau tahu putih, dan telur pindang lalu diguyur dengan kuah santan.

Harga satu porsi dibanderol dengan harga mulai dari Rp. 10.000,00. Nasi ayam yang paling terkenal adalah Nasi Ayam Bu Wido lokasinya di Jl. Gajah Mada Gg. Melati Selatan, Brumbungan, Semarang Tengah, Kota Semarang.

  1. Pisang Planet

pisang planet semarang

Pisang Plenet adalah jajanan khas Semarang yang enak namun saat ini sudah jarang ditemukan. Pisang plenet merupakan pisang kepok yang dibakar di atas arang, kemudian ditekan dengan papan kecil sehingga bentuknya menjadi pipih.

Pisang yang digunakan haruslah pisang kepok raja yang memiliki rasa manis dan berwarna kuning. Pisang plenet yang dijual di gerobak-gerobak memiliki berbagai pilihan rasa, antara lain keju, coklat, atau nanas.

Ada juga yang hanya ditaburi gula halus. Pisang plenet ini dapat dijumpai di Jl. Pemuda dekat Gedung Lawang Sewu dan pusat jajajan toko Sri Ratu. Jam buka biasanya menjelang sore hari hingga tengah malam. Satu tangkup pisang plenyet dijual dengan harga sekitar Rp. 4.000,00.

  1. Bandeng Presto

bandeng presto semarang

Banyak sekali kuliner bandeng presto di berbagai daerah, termasuk Semarang yang memiliki cita rsa Bandeng Presto yang khas dan sangat terkenal. Ikan bandeng yang dimasak dalam panci bertekanan tinggi, atau disebut presto.

Bandeng presto menjadi oleh-oleh favorit wisatawan dari Semarang. Sebabnya, bandeng presto dikemas dalam kemasan kedap udara dan awet bermingu-minggu jika disimpan dalam kulkas.
Ada banyak toko bandeng presto yang dapat Anda temukan di Semarang, salah satu yang terkenal adalah Bandeng Juwana lokasinya di Jl. Pandanaran No.57, Randusari, Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah .

Harganya sekitar mulai dari Rp. 25.000,00 untuk per kilogramnya. Biasanya bandeng presto nikmat disantap dengan nasi hangat dan sambal khususnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *