Kuliner

18 Kuliner Khas Bandung Paling Enak Yang Wajib di Coba

18 Kuliner Khas Bandung Paling Enak Yang Wajib di Coba – Bandung merupakan sebuah kota yang memiliki berbagai macam cerita, pesona, serta keindahan di dalam nya. Banyak sekali wisatawan asing maupun lokal yang berkunjung dan menetap di kota ini karena banyaknya tempat wisata dan kuliner yang menggoda.

Banyak sekali kuliner khas dari kota ini, kamu bisa mencoba dan mengunjungi nya karena sangat menyenangkan sekali bisa mencoba kuliner khas kota Bandung yang sangat beragam dan juga lezat rasanya.

  1. Seblak

seblak bandung

Salah satu makanan khas Bandung yang banyak digemari. Makanan ini merupakan makanan yang terbuat dari kerupuk yang direbus dan dicampur racikan bumbu pedas yang terdiri dari cabai, bawang putih, garam serta kencur.

Makanan khas Bandung ini terdapat dua jenis yakni seblak kering dan seblak basah dan semuanya sama-sama nikmatnya untuk disantap. Tapi seblak basah lebih terkenal karena memiliki berbagai macam topping seperti bakso, sosis, jamur, siomay dan sebagainya.

Salah satu warung seblak yang paling enak dan terkenal di bandung adalah Seblak Basah Deu’ Tjenghar di Jl. Purnawarman, Babakan Ciamis, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat.

Mulai buka pukul 10:00 – 21:00 WIB dan harganya pun terjangkau sekali mulai dari Rp. 8.000,00 kamu sudah bisa menikmati satu porsi seblak tergantung topping yang kamu pilih. Selain itu untuk kamu yang suka pedas, disini cocok sekali karena sambal nya sangat menggetarkan lidah.

  1. Karedok

Karedok bandung

Karedok adalah makanan khas Bandung yang bisa kita jumpai di berbagai tempat, tapi karedok paling enak dan terkenal hanya ada di Bandung. Karedok terbuat dari sayuran – sayuran mentah yang segar.

Sayur – sayuran yang ada di karedok seperti, ketimun, tauge, kol, kacang hijau, daun kemangi dan terong. Lalu ditambahkan bumbu kacang yang dibuat dari cabai merah, bawang putih, kencur, kacang tanah, air asam, gula jawa, garam dan terasi.

Banyak sekali warung – warung karedok di kota Bandung yang menyediakan karedok khas Bandung, tapi ada salah satu tempat yang karedok nya sangat enak dan selalu ramai yaitu Lotek Karedok Katamso di Jl Bridjen Katamso, Asia Afrika. Harga satu porsinya hanya Rp. 10.000,00

  1. Lotek

lotek bandung

Makanan khas Bandung yang satu ini sudah tidak asing lagi tentunya bagi pecinya kuliner,lotek khas Bandung sangat terkenal sekali karena rasanya yang lezat dan juga sangat nikmat.

Lotek terbuat dari sayuran segar yang dicampur dengan bumbu kacang, sekilas memang terlihat mirip dengan pecel namun ketika telah dicoba memiliki rasa yang berbeda karena ada gula merah, bawang dan juga terasi.

Lotek dapat disajikan dengan lontong atau nasi hangat dengan tambahan kerupuk dan bawang goreng. Terdapat banyak sekali warung makan yang menjual lotek yang enak, namun ada satu tempat yang sangat terkenal dan selalu ramai di Bandung.

Namanya Lotek Mahmud di Jl. Mahmud lV No.9, Pamoyanan, Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat. Satu porsi lotek disini harganya Rp. 25.000,00. Memang cukup mahal namun rasanya enak sekali dan selalu ramai pembeli. Buka pukul 08:00 – 16:00 WIB.

  1. Peuyeum

peyeum bandung

Kuliner khas Bandung ini adalah peuyeum yang biasanya di jadikan sebagai oleh-oleh para wisatawan yang kebetulan sedang berada di Kota Bandung dan sekilas peuyeum ini sangat mirip dengan tape. perbedaannya adalah peuyeum ini lebih kering, dikarenakan cara membuatnya itu berbeda.

Peuyeum terbuat dari bahan utama yaitu singkong yang telah dikupas kulitnya dan juga dibersihkan lalu di kukus. Setelah selesai dikukus lalu singkong dibiarkan hingga dingin dan di beri ragi lalu disimpan ditempat yang rapat dan tertutup sampai 2 atau 3 hari.

Peuyeum memiliki rasa yang manis dan cocok sekali dimakan dengan ditemani teh panas, menjadi cemilan saat berkumpul bersama keluarga, kerabat dan juga teman – teman. Bukan hanya itu peuyeum juga bisa di goreng dan diberi inovasi dengan topping keju, coklat, susu bukuk dan sebagainya.

Kamu bisa menjumpai penjual – penjual peuyeum yang banyak di Kota Bandung, terutama yang paling ramai di Jl. Dr. Djunjunan No.135 G, Pajajaran, Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat. Buka mulai dari jam 09:00 WIB dengan harga mulai dari Rp. 8.000,00.

 

 

  1. Cilok

cilok bandung

Cilok merupakan kuliner khas Bandung yang sudah lama sekali menjadi ciri khas juga jajanan warga Bandung. Bentuk nya yang bulat – bulat dan tidak terlalu besar sangat mudah disantap hanya dengan sekali lahap.

Saat ini cilok lebih sering dijumpai di pinggiran jalan dan area sekolah, namun colok atau aci dicilok ini sudah beragam inovasi mulai dari bentuk dan rasanya serta harganya. Dulu hanya berbumbu kacang, sekarang kamu bisa mencicipi dengan saus mayonnise dengan isian yang bermacam-macam rasanya.

Salah satu warung cilok yang enak banget dan selalu ramai adalah Cilok Goang Bandung di Raya Bojongsoang No 252 Depan Puskesmas, Jalan, Cipagalo, Bojongsoang, Bandung. Buka mulai pukul 15:00 – 21:00 WIB harga nya pun beragam mulai dari Rp. 1.000,00 satu buah cilok nya.

 

  1. Batagor

batagor bandung

Kuliner khas Bandung yang satu ini juga sudah banyak tersebar di berbagai daerah di Indonesia, tapi hanya di Bandung kamu akan menikmati batagor dengan cita rasa pas dan juga khas Bandung.

Batagor memiliki rasa yang gurih dan enak, batagor merupakan jajanan khas bandung yang di buat dari perpaduan dari bakso dan tahu goreng, oleh karena itu namanya Batagor yang artinya bakso tahu goreng.

Batagor di buat dengan bahan adonan ikan, tepung kanji yang kemudian di jadikan satu dan di goreng. Saat penyajiannya di campurkan juga saus kacang atau bumbu kacang yang kental yang memberikan rasa lezat.

Tentu rasanya yang enak dan teksturnya yang kenyal membuat kita ketagihan untuk menikmati makanan khas bandung yang sudah sangat populer dan menjadi makanan favorit diberbagai daerah ini.

Salah satu tempat makan batagor yang enak adalah Batagor Coy yang ada di Jl. Ir. H. Djuanda No.91, Dago, Coblong, Bandung, Jawa Barat. Buka mulai dari jam 10:00 – 21:00 WIB dan harga satu porsinya mulai dari Rp. 15.000,00 disini juga tempat nya nyaman sekali.

  1. Mie Kocok

mie kocok bandung

Makanan khas kota Bandung berbahan dasar mie ini diolah dengan cara mie yang bentuknya lebar dan gepeng  diberi berbagai sayuran seperi toge serta diberi tambahan seperti kikil sapi yang sangat empuk yang sudah direbus hingga matang nya pas.

Mie ini disebut mie kocok karena mengolah mie ini dengan cara diaduk dan dikocok sebelum disajikan. Rasanya yang lezat sangat mampu menggoda juga penampilan nya sangat lah menggiurkan untuk langsung dicoba.

Mie kocok awal nya hanya dijual keliling menggunakan gerobak, tapi sekarang banyak juga yang membuka warung mie kocok. Salah satunya yang enak dan juga populer adalah Mie Kocok Persib di Jl. Jend. A. Yani No.274, Merdeka, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat. Buka mulai jam 10:00 – 22:00 WIB dan harganya pun cukup murah hanya Rp. 15.000,00 per porsinya.

  1. Gepuk

gepuk bandung

Kuliner  khas Bandung yang terbuat dari daging sapi, terasa sedikit manis dan sangat gurih. Cara pembuatan gepuk ini dengan cara daging sapi yang diris searah dengan serat daging dan direbus setengah matang, kemudian dipukul sampai sangat lembut.

Daging yang sudah empuk lalu direndam kedalam bumbu rempah yang dicampur dengan santan, setelah itu direbus kembali, sampai air santan menyusut. Lalu gepuk ini digoreng dengan sedikit minyak hingga kecokelatan.

Ada banyak warung makan yang menjual gepuk, tapi ada satu tempat yang terkenal banget karena rasa gepuk nya yang sangat enak yaitu Gepung Ny Ong di Jl. Pasirkaliki No.104, Pasir Kaliki, Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat.

Kamu bisa kesini mulai pukul 09:00 – 21:00 WIB dan harganya juga sangat terjangkau karena seporsinya mulai Rp. 19.000,00. Disini juga tempatnya sangat nyam dan juga bersih.

  1. Cireng

cireng bandung

Cireng merupakan salah satu makanan yang sudah sangat terkenal dan berasal dari Kota Bandung dan merupakan salah satu jajanan khas Bandung. Cireng merupakan singkatan yaitu aci di goreng, yang terbuat dari tepung kanji yang di goreng.

Jajanan yang satu ini sangat populer di berbagai daerah bukan hanya di Bandung dan dijual dalam berbagai bentuk, rasa dan harga yang berbeda-beda. Cireng biasanya dibuat dengan bumbu tepung kanji, tepung terigu, merica, air, bubuk, garam, kedelai, daun bawang serta minyak goreng.

Tapi saat ini banyak sekali yang berinovasi dengan tambahan daging ayam di dalamnya, sosis, nugget, bakso, keju, coklat, dan masih banyak lagi. Harganya pun beragam mulai dari Rp. 1.000,00 sampai dengan Rp. 5.000,00 tergantung dari isi di dalam nya.

Salah satu tempat favorit jajanan cireng ada di Cireng Isi Bandung di JL Padalarang, Cibaduyut Wetan, Bojongloa Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat.

  1. Combro

combro bandung

Combro terbuat dari parutan singkong yang dibentuk bulat dan bagian dalam diisi dengan sambal oncom lalu digoreng. Combro merupakan kependekan dari oncom di jero, jero dalam bahasa Sunda artinya di dalam.

Makanan yang satu ini merupakan jajanan khas kota Bandung yang sangat enak biasanya makanan ini juga di sebut dengan nama gemet. Combro atau gemet ini paling enak disantap ketika masih hangat sambil ngeteh.

Salah satu combro yang paling enak di Bandung ada di Combro Ma Iying yang membuka lapak dekat Hotel Lodaya, daerah Palasari, Bandung. Di sini, mereka membuka lapaknya setiap hari mulai dari jam 15:00 – 22:00 WIB.

Terkadang sebelum jam 22:00 WIB combro nya sudah habis diserbu oleh pelanggan nya, harganya juga sangat murah hanya Rp. 1.000,00 per combronya.

  1. Colenak

colenak bandung

Colenak adalah peuyeum yang dibakar diatas arang, kemudian diguyur dengan cairan gula merah yang kental, dan diberi parutan kelapa. Tapi saat ini colenak banyak sekali topping nya ada yang menggunakan keju, coklat, susu, madu dan masih banyak lagi.

Colenak biasa disantap ketika hangat ditemani dengan teh hangat yang sangat pas dan menyatu sekali rasanya dengan colenak. Makanan yang satu ini memiliki kepanjangan namanya yaitu dicocol enak, nama yang unik sekali tentunya.

Banyak sekali penjual colenak di Bandung salah satunya yang terkenal dan selalu ramai adalah Cociba ( Colenak Cimenyan Bandung ) Jl. Terusan Padasuka, Cimenyan, Bandung, Jawa Barat.

Mulai buka dari pukul 07:00 : 00:00 WIB dan harganya sangat murah hanya Rp. 10.000,00 tempat nya juga sejuk dan sangat nyaman.

  1. Tutut

tutut bandung

Tutut adalah sejenis keong sawah yang ukurannya ada yang kecil dan ada pula yang besar. Makanan khas Bandung ini dimasak dengan bumbu rempah yang sangat pedas. Agar menghilangkan bau amis nya, daun salam dan daun sereh digunakan cukup banyak.

Tutut adalah kuliner tradisional Sunda khas Jawa Barat yang sejak dulu sudah dikonsumsi masyarakat Sunda. Karena banyak nya tutut diarea persawahan jadilah keong ini di konsumsi da ternyata rasanya pun sangat enak dan juga lezat.

Tutut biasa dihidangkan sebagai makanan diwaktu senggang dan juga menjadi lauk makan siang. Tutut sangat enak disajikan bersama dengan nasi hangat. Cukup sulit saat ini mencari hidangan tutut, tapi jangan khawatir ada tempat makan yang menyajikan tutut yang sangat enak nih namanya Saung Bu Ai.

Lokasi Saung Bu Ai ada di bilangan Punclut, tak jauh dari kawasan wisata Sungai Cikapundung, tepatnya di Jl. Ciumbuleuit (depan RSAU Dr. Salamun). Harga satu porsi nya mulai dari Rp. 15.000,00.

  1. Nasi Tutug Oncom

nasi tutug oncom

Kuliner yang satu ini merupakan sajian yang cukup populer di Kota Bandung, karena makanan khas Bandung yang satu ini di buat dengan cara di bakar bersama dengan bumbu oncom yang di campur juga dengan tepung tapioka.

Rasanya yang sangat enak dan juga lezat beragam macam lauk. Biasanya Nasi Tutug Oncom ini di sajikan bersama dengan kerupuk dan juga sambal. Tidak hanya itu saja, pada penyajian Nasi Tutug Oncom ini biasanya juga di tambahkan sayuran yang segar sebagai lalapan.

Kamu bisa menjumpai warung Nasi Tutug Oncom yang enak banget di Jl. Purnawarman No.10-12, Pujasera Merdeka Lantai 2 Blok C2, Babakan Ciamis, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat.

Disini ramai sekali pelanggan nya dan juga rasa nya sangat lezat, harganya beragam namun biasanya harga satu porsi nasi dan berbagai macam lauk nya Rp. 26.000,00.

  1. Kupat Tahu

kupat tahu bandung

Salah satu kuliner khas tradisional Bandung nih, makanan yang satu ini merupakan makanan yang di campur dengan bumbu kacang yang di siramkan ke Kupat Tahu. Bumbu kacang nya pun sangat kental.

Di dalam Kupat Tahu ini terdapat kupat atau lontong, tauge dan tahu yang sangat gurih sekali. Kupat Tahu dari dulu hingga saat ini masih menjadi makanan favorit di Jawa Barat atau Bandung, hal ini terbukti banyak juga orang yang menjual Kupat Tahu ini.

Ada dua jenis kupat tahu yaitu kupat Padalarang dan kupat tahu yang di Bandung. Kupat tahu Padalarang bumbunya cenderung cair dengan aroma manis dan gurih, sedangkan kupat tahu makanan khas Bandung bumbunya bumbu kacang yang sangat kental.

Salah satu tempat yang jual kupat tahu yang enak banget ada di Jl. Cigadung Wetan No.6, Cigadung, Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat. Harganya pun murah, satu porsinya hanya Rp. 9.000,00.

  1. Ulukutek Leunca

ulukutek leunca bandung

Kuliner khas tradisional bandung yang melegenda dan sangat lezat ini sudah lama sekali menjadi makanan yang digemari warga Jawa Barat. Makanan yang satu ini merupakan hidangan khas orang Sunda.

Makanan khas Bandung ini merupakan campuran antara oncom dan buah leunca yang dimasak dengan bahan lain tergantung selera kita. Ulukutek leunca ini memiliki rasa yang khas dan sangat lezat.

Biasanya ulukutek leunca ini memiliki aroma daun kemangi yang sedap dan segar banget dan rasa oncom nya sangat lah gurih. Kalo kamu mencari makanan ini di Bandung langsung aja ke Kedai Murah Meriah.

Kedai Murah Meriah di Jl. Dipatiukur, Gang Kubang Selatan No. 74, Lebak Gede, Coblong, Lebakgede, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat. Harganya pun murah mulai dari Rp. 10.000,00 per porsinya.

  1. Bandrek

bandrek bandung

Minuman khas Bandung ini adalah bandrek yang sangat populer di Bandung. Bandrek ini merupakan minumann tradisional orang Sunda dari Jawa Barat. Banyak sekali di daerah – daerah lain yang konsumsi  untuk menghangatkan tubuh disaat cuaca dingin.

Bandrek terbuat dari bahan utama yang paling penting dalam pembuatannya adalah jahe dan gula merah. Tetapi di daerah lain bisanya juga menambahkan rempah-rempah untuk memperkuat efek hangat yang diberikan pada makanan yang satu ini.

Biasanya diberi tambahan rempah-rempah seperti serai, merica, pandan, telur ayam kampung dan susu. Banyak orang Indonesia percaya bahwa makanan khas Bandung ini dapat menyembuhkan penyakit ringan yakni sakit tenggorokan.

Kalo kamu mau nyobain bandrek yang enak banget ada di Bajigur Bandrek Two AA di Jl. Jend. A. Yani No.297, Sukamaju, Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat. Buka mulai jam 16:00 – 01:00 WIB. Harganya hanya Rp. 7.000,00 pergelas nya dan disini selalu ramai pengunjung.

  1. Bajigur

 bajigur bandung

Minuman ini merupakan minuman khas Bandung yang sangat ternama hingga mendunia. Sudah banyak sekali wisatawan asing yang mencobanya. Minuman khas Bandung ini rasanya hangat, dan menjadi minuman khasnya masyarakat Sunda.

Bahan – bahan untuk membuat minuman ini diperlukan bahan utama seperti gula aren dan santan. Untuk menambah kenikmatan bajigurkhas Bandung ini dicampurkan sedikit jahe, garam dan bubuk vanili.

Biasanya minuman ini disajikan para pedagang di pinggiran kota Bandung, yang dijual dengan menggunakan gerobak dan juga kedai – kedai di Kota Bandung. Untuk kamu yang suka dengan minuman yang bisa menghangatkan tubuh, wajib sekali mencoba bajigur khas Bandung ini.

Bajigur ini sangat cocok diminum ketika cuaca dingin dan sehabis hujan turun. Kalo kamu mau nyobain bandrek yang enak banget ada di Bajigur Bandrek Two AA di Jl. Jend. A. Yani No.297, Sukamaju, Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat. Buka mulai jam 16:00 – 01:00 WIB. Harganya hanya Rp. 8.000,00 per gelasnya.

  1. Siomay

siomay bandung

Yang terakhir adalah siomay, kuliner yang sangat terkenal sekali dan menjadi kuliner khas tradisional Bandung khususnya masyarakat Sunda Jawa Barat. Makanan Bandung yang satu ini sangat mudah untuk kita temukan diberbagai macam daerah.

Siomay Bandung sangat enak sekali makanya gak sulit untuk menemukan makanan ini, gak sedikit juga penjual nya yang berasal dari Bandung rela pindah keluar kota untuk menjual kuliner khas Bandung ini di daerah lain.

Makanan yang di balut dengan bumbu kacang khas Bandung ini sangat enak dan di sukai oleh berbagai kalangan. Biasanya Siomay Bandung ini di buat dari daging ikan, sagu dan juga bumbu kacang yang lezat.

Salah satu tempat yang sangat terkenal dan juga selalu ramai pengunjung di Bandung adalah Kedai Batagoe Kingsley terletak di Jl. Veteran No.25, Kebon Pisang, Sumur Bandung, Kb. Pisang, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat.

Buka mulai jam 08:00-22:00 WIB dan harga satu porsinya mulai dari Rp. 25.000,00 dengan rasa siomay yang enak banget dijamin kamu pasti ketagihan deh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *