Kuliner

20 Kuliner Khas Tasikmalaya Yang Wajib Kamu Coba

20 Kuliner Khas Tasikmalaya Yang Wajib Kamu Coba-Kuliner khas selanjutnya berasal dari Tasikmalaya, kuliner Sunda yang beragam dan biasanya memiliki nama yang unik dengan rasa yang lezat dan bumbu yang khas. Kuliner di Tasik juga terkenal dengan rasa khas Sunda yang di jaga nilai tradisional nya.

Dengan wilayah yang gak terlalu luas tapi menyimpang banyak kuliner yang lezat dan wajib di cobain ketika kita sedang berlibur atau pun disini. Berikut ada 20 kuliner khas Tasikmalaya yang wajib dicobain.

  1. Nasi Cikur

nasi cikur tasik

Kuliner khas Tasik yang pertama adalah nasi cikur, nasi cikur adalah nasi goreng dengan tambahan kencur muda yang wangi, renyah dan berkhasiat untuk tubuh. Cikur dalam bahasa sunda berarti kencur.

Biasanya menyantap nasi cikur biaar lebih nikmat ditambah dengan ayam goreng atau bakar, kerupuk, tahu, tempe, telur, acar wortel dan timun dan lain sebagainya tergantung apa yang kamu mau.

Di Tasik, ada satu warung simpel di pertigaan jalan Panyerutan, jalan Tentara Pelajar yang jual nasi cikur. Warung itu mungkin saja hanya satu warung yang jual makanan khas Tasik ini. Soal rasa jangan ditanyakan lagi kelezatan nya.

  1. Rengginang

rengginang tasik

Rengginang merupakan makanan khas orang-orang Sunda terutama di Tasik. Rengginang yang disebut camilan ini umumnya di taruh didalam kotak kaleng sisa kue yang biasanya ada di hari-hari besar seperti lebaran maupun hari-hari yang lain.

Rengginang juga sering dijadikan cemilan dikala santai juga sebagai pelengkap ketika makan nasi. Rengginang terbuat dari beras ketan yang diolah dalam waktu yang cukup lama dan melalui beberapa tahapan panjang.

Meskipun proses pengolahaan nya cukup lama, namun rasanya sangat enak sehingga menjadi primadona sebagian besar masyarakat Tasikmalaya. Harganya pun gak mahal berkisar Rp. 10.000,00 kamu sudah bisa membeli nya yang banyak terdapat di pasar-pasar tradisional, modern dan tempat oleh-oleh.

  1. Tutug Oncom

tutug oncom tasik

Nasi Tutug Oncom merupakan makanan khas Tasikmalaya yang terbuat dari nasi yang diaduk dengan oncom goreng atau bakar. Biasanya makanan ini disajikan dalam keadaan hangat, agar semakin menambah nikmat saat menyantapnya.

Rasa gurih yang berpadu dengan rasa asin dan pulen sangat tersasa saat nasi dikunyah dimulut. Ditambah dengan pelengkap seperti ikan goreng atau bakar, ayam goreng atau bakar, ikan asin, tahu tempe dan juga sambal yang pedas.

Di Tasik nasi Tutug Oncom yang terkenal salah satu nya adalah Tutug Oncom Benhil yang terletak di  Jalan Dadaha Petir, Gunung Jati yang gak jauh dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Tasikmalaya.

Satu porsi nasi tutug oncom biasanya diberi harga mulai dari Rp. 4.000,00, sedangkan lauk pelengkap seperti ayam, ikan, tahu tempe dan sebagainya berbeda harga.

  1. Kelontong

kelontong tasik

Kelontong merupakan kuliner tradisional khas tasik yang sudah ada sejak lama dan biasanya menjadi oleh-oleh khas Tasik bagi para wisatawan yang berkunjung kesini. Camilan ini terbuat dari beras ketan diberi bumbu khusus  yang diolah menjadi makanan ringan yang enak serta gurih.

Pengolahan beras ketan yang benar ditambah gula merah asli bikin kolontong disukai siapa saja. Satu diantara daerah penghasil kolontong di Tasikmalaya populer kelezatannya, di Desa Cisayong, Kecamatan Cisayong.

Banyak warga Kampung Salarema RT 02/03 Desa/Kec. Cisayong, Kab. Tasikmalaya yang menjadi pembuat Kelontong khas Tasik ini. Harga kolontong dijual Rp 40.000,00 per bal yang beratnya 2 kg.

  1. Kupat Tahu

kupat tahu tasik

Kupat tahu merupakan kuliner khas Jawa Barat terutama Tasikmalaya yang harus kamu coba ketika berkunjung kesini. Kupat tahu Tasikmalaya biasanya banyak dijual oleh para pedagang kaki lima.

Rasanya sedikit berbeda dengan sajian kuliner kupat tahu di daerah lainnya karena menggunakan campuran bumbu yang khas asli dari Tasikmalaya. Tampilannya boleh jadi sama dengan kupat tahu dari daerah lain, tapi rasanya lebih nikmat dan lezat.

Kalo kamu penasaran dengan rasa kupat tahu Tasikmalaya, maka kamu dapat datang ke Jalan Raya Mangunreja, Singaparna, disitu ada penjual kupat tahu Tasikmalaya yang rasanya enak. Harganya hanya Rp. 7.000,00 per porsinya.

  1. Keripik Sukun

keripik sukun tasik

Kuliner ringan khas Tasik yang satu ini gak sama dengan kripik yang lain yang umum kita jumpai seperti kripik singkong serta yang lain. Di Tasikmalaya ada kripik sukun yang terbuat dari buah sukun yang telah masak.

Buah sukun yang telah masak tersebut di potong-potong jadi bebrapa sisi kecil, lalu di goreng serta diberi bumbu yang rasanya enak dan gurih. Pas banget pokok nyajadi cemilan disaat santai dan ngobrol-ngobrol sambil minum teh.

Untuk bisa menikmati gurihnya  khas Tasikmalaya ini bisa kita temukan di Jl. Raya Banjar – Manonjaya, Ancol, Tasikmalaya atau di tempat toko oleh–oleh khas Tasikmalaya. Keripik sukun dalam kemasan 1 kg lumayan marah hanya Rp. 16.000,00.

  1. Sale Pisang

sale pisang tasik

Salah satu kuliner Tasik yang di daerah lain pun ada, beda nya dari rasa karen sale khas Tasik memiliki rasa dan tekstur khas nya sendiri. Selain itu sale pisang memiliki berbagai macam varian rasa keju, pisang raja, pisang gulung dan masih banyak lagi.

Sale pisang Tasik ini diolah dengan cara khusus dengan cara di sisir tidak terlalu tebal kemudian dijemur dibawah matahari secara langsung. Setelah itu, bahan sale pisang bisa langsung dikonsumsi maupun digoreng terlebih dulu menggunakan tepung.

Untuk bisa menikmati manisnya sale pisang khas Tasikmalaya ini bisa kita temukan di Jl. Raya Banjar-Manonjaya, Ancol, Tasikmalaya atau di tempat toko oleh – oleh khas Tasikmalaya. Untuk harga sale pisang ini terbilang cukup murah yaitu sekitar Rp. 5.000,00 sampai Rp. 10.000,00.

  1. Mie Bakso Laksana

mie bakso laksana

Mie Bakso Laksana merupakan kuliner legendaris di Tasik, siapa yang berkunjung ke Tasik apa lagi pecinta mie bakso belum lengkap rasanya kalo belum ke Tasik. Rasanya pun nikmat bukan hanya sekedar namanya aja yang tersohor.

Ditempat ini ada menu-menu enak seperti bakso yamien asin komplit, lengkap dengan tambahan bakso, pangsit rebus dan juga babat yang menambah nikmat nya mie bakso dan mie yamien disini.

Mie Bakso Laksana lokasi nya ada di Jl. Pemuda No.5, Yudanagara, Cihideung, Tasikmalaya. Harga satu porsinya mulai dari Rp. 20.000,00.

  1. Tahu Bulat

tahu bulat tasik

Kuliner Tasik yang satu ini tentunya sudah banyak di ketahui dan terkenal di berbagai dareah karena memiliki nama yang tersohor dan jajanan yang unikdan menarik selain rasanya yang juga nikmat.

Tahu bulat biasa disajikan dengan cara digoreng dengan tambahan bumbu balado, pedas dan juga asin. Selain itu yang menarik penjual nya juga keliling biasanya menggunakan mobil box dan digoreng dimobil secara langsung atau dadakan.

Harga tahu bulat pun murah hanya berkisar Rp. 1.000,00 per tahu nya dan bukan hanya orang dewasa saja tapi anak-anak kecil juga ska sekali jajanan yang satu ini.

  1. Pecel Oranye

pecel oranye tasik

Salah satu kuliner legendari dari Tasikmalaya adalah pecel oranye yang sudah ada sejak tahun 1925. Bukan hanya pecel aja yang disajikan disini ada juga gado-gado, lotek, karedok, pecel bumbu kacang dan makanan Sunda lainnya.

Beragam kiliner makanan diwarung ini harganya hanya Rp. 15.000,00 saja satu porsinya, lokasinya ada di Jalan empang, Tasikmalaya. Tepat nya di sebrang Hotel Selamat. Warung ini mulai buka pukul 07:00 WIB sampai dengan selesai.

  1. Warung Kopi Lawas

warung kopi lawas tasik

Warung kopi yang sudah ada sejak lama ini menjadi ciri khas dan juga tempat paling enak untuk bersantai bersama teman-teman dan juga ngopi adalah kegiatan yang nggak pernah ada matinya.

Di Warung Kopi Lawas E18, kamu bisa nongkrong sambil menikmati sajian kopi dari seluruh Nusantara, dari Sabang hingga Merauke. Lengkap banget kan, jadi tinggal pilih saja jenis kopi yang paling cocok dengan selera kamu.

Tapi bukan hanya itu, ada juga kopi dengan rasa buah-buahan yang unik dan enak. Unik dan harus dicoba kan kopi ras buah. Lokasi nya ada di Jl. Empang No 18, Empangsari, Tasikmalaya. Harga satu gelasnya mulai dari Rp. 6.000,00.

  1. Wajit

wajit tasik

Kuliner yang satu ini merupakan cemilan dan juga jajanan tradisional khas Tasik. Harganya murah dan rasanya yang lezat adalah daya tarik tersendiri dari wajit ini. Wajit adalah makanan ringan yang dibuat dari ketan dan dicampur dengan kelapa yang dihaluaskan kemudian dimasak bersama dengan gula merah.

Terakhir sebelum disajikan wajit ini dibungkus dengan daun jagung berwarna putih. Wajit Tasikmalaya mempunyai cita rasa yang manis cocok bagi kamu pecinta makanan manis. Wajit Tasikmalaya wajib kamu coba ketika berkunjung ke Tasikmalaya.

Bisa juga kamu jadikan oleh oleh karena harganya murah dan bentuknya kecil sehingga kamu tidak akan kerepotan saat membawanya. Harganya Rp. 20.000,00 isi 10 wajit.

  1. Godeblag

godeblag tasik

Makanan khas daerah Tasikmalaya berikutnya ada godeblag, makanan ringan yang dibuat dari singkong atau ketela pohon yang ditambah dengan bumbu yang banyak didapatkan di pasar. Sentra penghasil godeblag berada di daerah Manonjaya.

Singkong atau ketela pohon yang akan diolah menjadi godeblag harus yang berkualitas terbaik dan tidak terkena hama atau rasanya akan menjadi aneh setelah diolah. Godeblag hanya ada satu rasa, yaitu rasa asin.

Godeblag banyak terdapat di pasar tradisional dan di derah Manojaya, harga per kilo nya Rp. 30.000,00. 1 kilo berisi 4 pack.

  1. Citruk

citruk tasik

Citruk adalah jajanan khas Tasikmalaya yang sejebis dengan kerupuk. Citruk dibuat dari tepung kanji dan juga tepung terigu yang dibentuk bulat kecil seperti koin. Citruk merupakan singkatan dari bahasa sunda yaitu aci ngetruk yang artinya tepung kanji yang agak keras tapi renyah.

Citruk biasa dijadikan sebagai cemilan karena rasanya yang renyah dan juga ketika menyantapnya pasti ketagihan berkali-kali. Citruk bisa dijumpai di pasar-pasar tradisional di Tasikmalaya. Harganya pun murah per kilo nya hanya Rp. 20.000,00.

  1. Noga Kacang

noga kacang tasik

Kuliner khas Tasik yang satu ini merupakan kuliner legendaris dari daerah Sunda. Noga kacang banyak di produksi di daerah Kecamatan Indihiang , noga kacang merupakan makanan lokal Tasik yang sangatlah enak, renyah serta gurih.

Noga kacang ini ada sejak tahun 1982 ciri khas dari makanan ini memiliki bahan basik alami yang terbagi dalam kacang tanah gula pasir dan lain-lain. Noga kacang juga tanpa ada pewarna, tanpa ada pemanis buatan, serta tanpa ada pengawet.

Oleh karena itu noga kacang sangatlah terjamin mutunya dari rasa yang enak renyah serta gurih di mulut. Bagi penyuka makanan indonesia, di Tasikmalaya tepatnya di Kecamatan Indihiang tersedia noga kacang yang sangatlah enak murah dan bermutu.

  1. Es Bojong

es bojong tasik

Es bojong merupakan minuman sirup yang legendaris. Terbuat dari campuran air sirup dan santan dengan tambahan potongan nangka, nanas, kelapa muda, alpukat, tape ketan, cincau hitam, dan buah durian.

Keunikan dari minuman ini adalah dominasi rasa santan yang pekat dan sangat khas, bukan dari rasa susu kental manis karena memang tidak menggunakan susu sebagai bahan campurannya.

Es sirup bojong berlokasi di Jl. Ampera Barat 207. Mulanyadi  Jl. Bojong Tengah hingga pada tahun 1991 sampe sekarang pindah di Jl. Ampera Barat No. 207 Panglayungan, Tasikmalaya. Untuk harganya sangat terjangkau mulai dari Rp. 10.000,00 – Rp. 15.000,00.

  1. Sate Maranggi

sate maranggi tasik

Kuliner khas Tasikmalaya yang harus kamu coba adalah sate maranggi yang terbuat dari daging sapi yang dipotong besar besar. Daging tersebut dibakar kemudian disiram dengan sambal kecap yang terbuat dari kecap, bawang merah, cabai, irisan tomat, dan taburan merica serta bawang goreng.

Bisa juga disajikan dengan siraman bumbu kacang, sesuai selera dari pembelinya. Satu tusuk sate terdiri dari tiga potong daging dan satu potong lemak (gajih). Ruang warung sate ini sangat luas dengan meja lesehan yang besar-besar.

Cocok untuk membawa rombongan sambil ngrobrol panjang. Tempat parkir mobil sangat terbatas diseberang warung sate ini. Satu tusuk sate harga Rp. 6.500,00, alamatnya di Jalan Taman Harapan, No. 5, Dadaha, Kota Tasikmalaya.

  1. Opak Ketan

opak ketan tasik

Opak Ketan sejak dulu memang sudah terkenal sebagi makanan ringan khas Sunda, termasuk di Kota Tasikmalaya. Opak ketan yaitu makanan yang berasal dari beras ketan dengan cara pengolahan yang cukup sulit.

Mulai dari pengolahan beras ketannya di kukus, lalu di tumbuk hingga lembut baru dicetak hingga membentuk lingkaran dan dijemur.Tidak cukup dijemur saja namun masih harus diolah kembali dengan cara dibakar.

Seperti di Kampung Cikatuncar, Kelurahan Kota Baru, Kecamatan Cibeureum, opak sudah lebih modern cara pengolahannya. Disana pembuatan Opak tidak dibakar, namun di oven. Harganya pun perkilo berkisar Rp. 40.000,00.

  1. Ladu

ladu tasik

Ladu adalah sejenis makanan yang terbuat dari beras ketan, baik itu beras ketan putih atau beras ketan hitam. Ladu memiliki rasa yang manis dan unik. Dari bentuknya mungkin bisa dibayangkan seperti dodol, namun rasanya jelas jauh berbeda.

Khusus untuk daerah Tasikmalaya, jenis makan ini dikenal dengan nama Ladu. Di Tasikmalaya sendiri Ladu sering dijumpai sebagai hidangan jamuan saat lebaran. Sangat jarang dijumpai penjual Ladu di Tasikmalaya.

Namun bagi kamu yang rindu dengan makanan ini kami mempunyai informasi penjual ladu di Tasikmalaya. Lokasinya di Patahunan RT 004 RW 006, Kec/Kel. Mangkubumi Kota Tasikmalaya.

  1. Mie Ayam Pelangi

mie ayam pelangi tasik

Kedai mie ayam pelangi khas Tasik ini mengusung konsep yang sederhana dan menyajikan sajian kuliner olahan mie yang berwarna warni. Warna warna dari mie ini berasal dari pewarna makanan alami yang berasal dari sayur sayuran.

Mie Pelangi yang memiliki 4 warna yaitu Hijau, Kuning, Putih dan Merah. Satu porsi mie ayam pelangi dijual dengan harga Rp.12.000,00 – Rp.15.000,00 tergantung dari tambahan bahan apa yang dicampurkan, misalnya bakso atau lauk lainnya.

Ada 3 lokasi yang bisa dapat di kunjungi diantaranya di Jl. K. H. Z. Mustofa No.362, Tugujaya, Cihideung, Tasikmalaya, Jawa Barat, di Jl. Mitra Batik No.121, Panglayungan, Cipedes, Tasikmalaya, Jawa Barat dan Jalan Raya Timur, Cikunir, Singaparna, Cikadongdong, Singaparna, Tasikmalaya, Jawa Barat. Kedai mie pelangi ini buka dari jam 10.00 – 21.00 WIB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *