Domestik

8 Destinasi Wisata Alam nan Eksotis di Aceh Besar

Kabupaten Aceh Besar merupakan kabupaten hasil dari pemekaran wilayah. Pada tahun 1970 ibukota kabupaten ini pindah dari Banda Aceh ke Kota Janthon yang merupakan ibukota kabupaten sampai saat ini. Sama seperti tempat lain di Provinsi Aceh, kabupaten Aceh Besar juga memiliki destinasi wisata alamnya yang eksotis. Aceh besar identik dengan pantai-pantai indah dengan pasir putih yang bersih. Ada delapan destinasi wisata alam yang harus Anda catat ketika akan melancong ke tanah serambi Mekkah ini.

  1. Pantai Lhoknga

Pantai Lhoknga
Pantai Lhoknga

Deretan pohon kelapa, cemara dan aron menjadikan pantai Lhoknga begitu sedap dipandang mata. Sejauh mata memandang air laut yang jernih menyambut Anda. Pantai ini berada di Tanah Aceh, jaraknya hanya 20 km dari Kota Banda Aceh tepatnya dikawasan PT. Semen Andalas Indonesia. Banyak wisatawan dalam maupun mancanegara yang datang berkunjung untuk menikmati destinasi wisata alam ini. Bukan hanya laut yang indah dengan ikan-ikan dan batu karang yang masih alami, pemandangan gunung yang berada dekat dengan pantai Lhoknga ini semakin paripurna. Selain berenang mauapun bermain air, Anda juga bisa sembari menikmati jajanan yang dijual oleh para pedagang lokal di dekat pantai.

  1. Pantai Ujong Batee

pantai ujong batee
Pantai ujong batee

Pantai Ujong Batee terkenal dengan hasil tangkapan seafood yang segar dan nikmat. Sembari menikmati pemandangan pantai yang terdapat pohon-pohon pinus yang rindang disisi pantai, Anda dapat mencicipi udang windu, tiram, ikan karang maupun kepiting yang ditangkap langsung oleh nelayan setempat. Pantai ini berlokasi di kecamatan Masjid Raya, Kabupaten Aceh Besar. Jaraknya menuju lokasi sekitar 17 kilometer dari kota banda aceh menuju Pelabuhan Malahayati. Jangan lupa untuk berkunjung kepantai ini, karena Anda akan mendapatakan sensasi alam Caeh Besar yang indah dengan suasana yang damai.

  1. Air Terjun Suhom
Air Terjun Suhom
Air Terjun Suhom

Bukan hanya pantai yang menjadi destinasi utama di Aceh Besar, kebuoaten ini masih memiliki beberapa destinasi wisata alam yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Air terjun Suhom ini terletak di Desa Suhom dan Desa Kreung  Kala, Kecamatan Lhoong, Kabupaten Aceh Besar. Panorama alam yang indah serta alami dengan suara gemiricik air yang jatuh dari tebing membuat Anda ingin segera bermain air. Selain dimanfaatkan sebagai destinasi wisata alam, air terjun ini berfungsi juga sebagai tenaga listrik mikro hidro bagi warga setempat. Jika Anda ingin merasakan sensasi berkemah di dekat air terjun, tempat ini juga menyediadakan tempta khusus untuk camping.

  1. Air Terjun Kuta Malaka

Air Terjun Kuta Malaka
Air Terjun Kuta Malaka SOURCE : muhammadrezaf_

Air terjun Kuta Malaka terletak di kawasan Kuta Malaka, Kecamatan Samahani, Kabupaten Aceh Besar. Air terjun yang memiliki delapan tingkat ini memiliki aliran air yang cukup deras, sayangnya aiar terjun ini memiliki air yang sedikit keruh. Meskipun begitu Anda tetap masih dapat menikmati sensasi bermain air yang memiliki tinggi sekitar 600 meter ini. Guran air yang jatuh dari ketinggian, dan iarnya yang dingin membuat Anda kembali segar dari penatnya pikiran serta pekerjaan.

  1. Pusat Latihan Gajah Saree

Pusat Pelatihan Gajah Saree, Aceh Besar
Source : @delvianaazari

Anda ingin berinteraksi langsung dengan gajah, hewan herbivora terbesar ini, Anda dapat mengunjungi Pusat pelatihan gajah Saree. Pusat pelatihan ini berlokasi di pinggir jalan Negara Banda Aceh-Medan sekitar 75 km dari Kota Banda Aceh. Ditempat ini Anda dapat melihat langsung gajah beratraksi seperti atraksi gajah bermain bola. Kawasan pelatihan ini terasa sejuk dan segar lantaran diapit oleh dua gunung, yakni gunung Seulawah Agam dan gunung Seulawah Inong.

  1. Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan

Taman Hutan Raya atau Tahura Meurah Intan terletak di gugusan kawasan hutan Seulawah Agam, berjarak 70 kilometer dari Kota Banda Aceh. Kawasan Seulawah Alam ditetapkan menjadi taman hutan raya sejak tahun 1930. Luas Tahura ini mencapai 6.300 ha dan didominasi oleh vegetasi hutan pegunungan dan pohon Pinus Merkusi. Selain keanekaragaman flora dan fauna, tahura Pocut Meurah Intan ini juga memiliki berbagai potensi wisata alam seperti sumber air panas, kawah Ie Jeuk, kawah belerang, bendunga tua peninggalan belanda, kolam, lembah Mon Ja Sa, gunung gajah, batu monyet dan tempat bermain.

  1. Cagar Alam Jantho

Cagar Alam Jantho
taken-by=junaidi_hanafiah

Sesuai dengan namanya, Cagar alam ini diambil dari nama ibukota Aceh Besar yakni kota Janthon.  Dari Kota Jantho Ibukota Kabupaten Aceh Besar ke Kawasan Cagar Alam berjaka sekitar sembilan kilometer. Di lokasi ini Anda dapat melihat aneka flora dan fauna yang hidup di cagar alam Jantho. Keanekaragaman fauna yang bisa dijumpai seperti siamang, Owa, Macan dahan, Kucing Hutan, Rusa, Kijang, Kancil, Napu, Gajah, Kambing Hutan, Beruang, Trenggiling, Kukang, Kuao. Sementara keanekaragaman fauna seperti Pinus, Mampre, Gleum, Bremen, Sampang, Ara, Damar, Medang, Kayu hitam, Beringin, Meranti, Kandis, Rambutan hutan, Tampu, Ketapang, Medang ara, Lukup. Pastikan Anda mengunjungi tempat ini pada musim kemarau, sekitar bulan April sampai Agustus, karena itu waktu terbaik untuk menikmati kekayaan alam Aceh Besar ini.

  1. Gunung Seulawah Agam

Gunung Seulawah Agam
tagged=gunungseulawahagam

Gunung Seulawah Agam merupakan spot mendaki terbaik di Aceh. Anda yang gemar mendaki, tidak boleh melewatkan untuk menikmati keindahan alam di gunung ini. Gunung Selawah Agam terletak di kecamatan Seulimeum, kabupaten Aceh Besar. Gunung setinggi 1800 mdpl ini mempunyai berbagai kekayaan flore dan fauna seperti beruang, harimau, kancil, gajah, ular dan trenggiling. Sepanjang pendakian Anda juga akan menemukan berbagai jenis pohon meranti, pohon cemara, pohon deriam, pohon beramah. Sebelum melakukan pendakian da baiknya Anda mempersiapkan fisik dan juga perlngkapan dengan baik, karena wisata yang satu ini memang tidak sesederhana jika Anda pergi ke tempat wisata lain. Udara di Gunung Seulawah bisa mencapai 19 Celcius, udara yang cukup dingin sehingga Anda wajib membawa jaket yang cukup tebal.

Destinasi wisata alam memang tidak ada habisnya untuk memikat para wisatawan untuk datang berkunjung. Panorama alamnya yang asri memberikan pengalamab liburan yang mengesankan. Nah, sudah tentukan mau kedestinasi wisata mana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *