Kuliner

9 Kuliner Khas Kota Banten Yang Wajib Kamu Cobain

Kuliner Khas Banten

Wisata kuliner saat ini menjadi salah satu trend yang sangat digemari para wisatawan asing maupun lokal. Setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri tentang kuliner nya, mulai dari cita rasa, penampilan dan beragam lainnya.

Salah satu tempat yang memiliki kuliner khas yang enak adalah Banten, kota yang memiliki banyak sekali cerita sejarah dan juga budaya yang masih melekat ini memiliki 9 kuliner khas yang enak dan wajib kamu cobain kalo kamu kesini.

9 Kuliner Khas Kota Banten :

  1. Sate Bandeng
    Pecak Bandeng Sawah Luhur

    Sate bandeng yang udah terkenal banget di Banten ini memiliki rasa pedas yang mantap, ikan nya fresh karena dibuat tiap hari, bumbu rempah nya kuat terasa dan harganya juga tidak mahal.

    Sate Bandeng Bu Aliyah berlokasi di Jl. Semaun Bakri, RT. 01 / RW. 01, Lopang Gede, Kecamatan Serang, Lopang, Kec. Serang, Kota Serang, Banten. Tempat yang selalu ramai pelanggan ini mulai buka pukul 08:00 – 20:00 WIB.

    Kamu harus menunggu kurang lebih 15 menit untuk proses pembakaran sate bandeng nya, gak terlalu lama kok karena dijamin ikan disini selalu fresh dan harganya juga gak mahal hanya Rp. 15.000,00 per kotaknya

  2. Pecak Bandeng

    Pecak Bandeng Sawah Luhur

    Pecak bandeng merupakan makanan khas Serang Banten yang dibuat dari ikan bandeng yang dibakar sampai matang dan di pecak ditambahkan sambal juga jeruk limau. Pecak yang artinya dipenyet.

    Salah satu pecak bandeng yang terkenal di Serang  Banten adalah pecak bandeng sawah luhur, keistimewaan ikan bandeng disini adalah duri ikan yang dicabut sampai gak ada sisa durinya lagi.

    Bagi pecinta sambal pedas sangat cocok untuk menyantap hidangan ini. Sambal khusus yang begitu nendang di lidah membuat nafsu makanmu meningkat. Harganya juga cukup lumayan untuk satu pecak bandeng jumbo dibandrol dengan harga sekitar Rp 40.000,00.

    Lokasinya di Jl. Sawah Luhur, Kasemen, Kota Serang, Banten. Buat kamu yang ngga pengen jauh – jauh ke sawah luhur, kamu juga bisa menikmati pecak bandeng sawah luhur ini di daerah Kepandean, dekat dengan Lotte Mart. Tempat makan ini merupakan cabang resmi dari pecak bandeng  sawah luhur.

  3. Nasi Sumsum
    Nasi Sumsum Puri

    Nasi Bakar Sumsum adalah kuliner dengan nasi sebagai bahan utamanya, ditumis dengan bumbu-bumbu dan ditambahkan sumsum sapi atau kerbau. Yang dibungkus dengan dau pisang dan di bakar sampai matang dan mengeluarkan aroma yang sedap sekali.

    Aroma yang keluar sangat sedap sekali ketika dibakar karena bumbu rempah – rempah nya sangat meresap dan rasa pedas dengan gurih nya langsung menyatu. Salah satu nasi sumsum yang terkenal dan melegenda adalah nasi sumsum puri.

    Lokasinya ada di Jl. T.B. Buang, Pasar Lama, Serang, Banten. Warung yang udah buka dari tahun 1941 ini masih mengusung konsep yang tradisional dan sederhana, lokasi berjualan nya pun masih tetap dari dulu gak pernah pindah dan buka cabang lain.

    Harga satu porsinya hanya Rp. 12.000,00 untuk 1 porsi yang berisi 2 bungkus nasi sumsum berukuran kecil yang cukup buat perut kamu kenyang

  4. Nasi Uduk Serang

    Nasi Uduk Sedap Malam 2

    Hampir disetiap kota kita bisa menjumpai nasi uduk, tapi nasi uduk Serang berbeda dari nasi uduk lainnya karena menggunakan bumbu rempah khas asli dari Serang yang memiliki aroma yang berbeda dan menjadi ciri khas nya.

    Satu porsi nasi uduk serang terdiri dari nasi uduk, tempe goreng, bakwan, tempe sambal, telur dan juga ayam goreng yang ditaburi dengan bawang goreng. Banyak sekali nasi uduk khas

    Serang yang bisa kamu jumpai di kota ini, salah satunya nasi uduk sedap malam 2.
    Lokasinya ada di Jl. T.B. Sueb, Cigabus, Kaligandu, Kec. Serang, Kota Serang, Banten. Buka dari pukul 16:00 – 23;00 WIB.

  5. Rabeg Banten
    Rabeg Khas Serang H. Naswi

    Rabeg berbahan dasar daging dan jeroan kambing yang diolah dengan bumbu-bumbu rempah yang khas sehingga menghasilkan rasa yang gurih, manis, pedas dan menyegarkan, tentu sangat nikmat untuk disantap.

    Rabeg merupakan makanan favorit dan kebanggaan dari masyarakat Serang Banten, konon katanya ini merupakan makanan untuk Para Sultan Banten pada zamannya. Rabeg banten dengan cita rasa yang lezat sekali dan memiliki aroma yang sangat menggoda.

    Salah satu rabeg yang paling terkenal adalah Rabeg Khas Serang H. Naswi (Magersari) yang berlokasi di Jl. Mayor Syafei No.30, Kotabaru, Kec. Serang, Kota Serang, Banten. Cara pengolahan dan bumbu –bumbu nya masih tradisional yang menjaga cita rasa khas tradisional.

  6. Nasi Belut
    Nasi Belut Khas Banten

    Makanan khas Serang Banten yang terbuat dari bahan dasar belut yang digoreng kering. Belut adalah salah satu makanan favorit masyarakat kota Serang Banten karena banyak juga masyarakat disini yang membudidayakan nya.

    Bagi kamu pecinta kuliner belut, makanan ini wajib anda coba karena selain rasanya yang gurih dan lezat juga enak banget karena memanjakan lidah kamu. Pengolahan nya pun unik sekali, setelah belut dibersihkan lalu belut di kegrek agar tulang nya menjadi lunak dan dicampurkan dengan bumbu rempah kemudian digoreng.

  7. Ketan Bintul
    Kue Bintul Khas Banten

    Salah satu kuliner tradisional khas Kota Serang Banten yang melegenda dan sangat terkenal di kalangan masyarakat Banten. Kue bintul yang katanya udah ada dari abad ke 16 ini menjadi menu favorit Sultan Kerajaan Banten untuk berbuka puasa.

    Maka ketika bulan Ramadhan tiba, banyak sekali masyarakat Serang Banten yang berjualan kue bintul  di pasar lama Serang Banten. Kue bintul terbuat dari ketan yang berbahan dasar ketan yang dibungkus dengan daun pisang dan sering disajikan dengan serundeng kelapa dan empal daging.

    Yang mmbedakan ketan ini dengan ketan yang lainnya adalah tekstur dan rasanya yang hanya ada di Banten gak bisa di jumpai di tempat lain. Harga satu porsi kue bintul di pasar lama Serang adalah Rp. 10.000,00.

  8. Kue Cucur
    Kue Cucur Khas Banten

    Kue cucur biasanya menjadi kue yang banyak dijajakan di pasar-pasar tradisional untuk camilan di waktu luang. Gak ada yang berbeda antara kue cucur khas Banten maupun kota lainnya. Bentuk dari kue ini juga serupa dengan kue serabi. Untuk cita rasanya, tentu semua orang kenal dengan manis legit bagian tengah kue dan renyah di pinggiran kuenya.

    Kue cucur merupakan kuliner khas Kota Banten yang banyak sekali kita jumpai di tempat jajanan pasar kota Serang Banten, makanya ke ini menjadi salah satu ciri khas karena masyarakat nya banyak yang menyukai kue ini sebagai makanan di waktu luang, acara pernikahan  dan juga menu sarapan di pagi hari.

  9. Emping
    Emping Khas Banten

    Emping menjadi makanan khas yang wajib ketika menyantap makanan biasa nya emping menjadi pendamping dan pelengkap sebagai tambahan ketika makan nasi, bubur ayam, bakso dan makanan lainnya.

    Banyak orang yang berkunjung ke Serang Banten menjadikan emping sebagai oleh – oleh ketika pulang ke tempat asal. Karena kuliner khas kota Banten ini mudah dibawa dan sangat praktis. Emping khas kota Serang Banten yang menggunaklan bahan dasar melinjo tanpa tambahan lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *