Domestik

Air Terjun Ciupang Yang Keindahannya Sangat Menakjubkan, Wisata Lampung

Keindahan Air Terjun Ciupang Yang Masih Sangat Alami

image source

travelingholic.com – Lampung emang identik dengan keindahan alamnya yang sangat mempesona. Tak heran jika para traveller banyak berkunjung ke daerah yang satu ini.

Mulai dari wisatawan lokal, bahkan yang dari mancanegara pun sudah mulai meminati wisata alam yang yang ada di Lampung, seperti daerah pesisir barat ombaknya mampu menarik perhatian para bule – bule luar negri.

Terus lagi ada pula pahawang, yang keindahan bawah lautnya sangat menakjubkan. Jadi jangan ragu deh buat berkunjung ke Lampung.

Dan yang sedang mulai berkembang di Lampung ialah wisata air terjun nya, yang masih sangat banyak tersimpan, belum banyak orang tahu tentang keberadaannya. Salah satunya ialah Air Terjun Ciupang.

Lokasi Air Terjun

Lokasinya di sekitaran daerah pegunungan Padang Cermin, dekat di area Gunung Ratai.

Pasnya berada di Dusun Purwajaya, Pekon Sumber Jaya, Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Daerah pesawaran memang memiliki banyak wisata unggulan, seperti pantainya yang banyak pilihan buat kita kunjungi, dan air terjunnya juga.

Dan Air Terjun Ciupang adalah salah satu dari sekian banyaknya air terjun yang ada di Kabupaten Pesawaran ini.

Rute Perjalanan

Perjalanan menuju wisata air terjun yang satu ini memang gak terlalu ribet kok. Dari pusat Kota Bandar Lampung, hanya memerlukan waktu normal kurang lebih 2,5 hingga 3 jam perjalanan saja.

Lokasinya juga sangat dekat dengan area perkampungan warga, yang pastinya dengan ini dapat mempermudah bagi pengunjung untuk bertanya – tanya arah jalan bagi yang belum tahu arah ke air terjun ini.

Padang Cermin sendiri sudah gak asing bagi orang Lampung, apalagi yang memang hobi keluyuran mencari tempat – tempat yang indah di alam Lampung.

Sepanjang perjalanan kita akan melalui berbagai wisata di Lampung yang sudah terkenal, seperti Pantai Mutun, Pantai Sari Ringgung, Pantai Klara dan masih banyak lainnya.

Setelah itu kita akan memasuki kawasan militer marinir Yonif 9. Dari situ, sekitar jarak 10 km an akan ditemui pertigaan. Yang jika ke arah jalur kiri akan ke Teluk Kiluan, dan arah kanan menuju Padang Cermin atau Kedondong.

Pilih jalur arah kanan, ikuti jalan hingga sampai di Pasar Kluwih. Seteah itu maju lagi hingga ketemu pertigaan yang jika ke kiri arah Kelumbayan Tanggamus, dan lurus ke kedondong. Ambil jalur kiri.

Lalu lanjutkan perjalanan hingga sampai di Desa Sumber Jaya, pasnya di SMP 1 Atap. Kenapa nama sekolahnya SMP 1 Atap? Yaaah, akupun tak tahu.

Jangan sungkan ya untuk bertanya – tanya dengan warga setempat mengenai informasi wisata Air Terjun Ciupang ini. Dan setelah itu kamu bisa menitipkan kendaraanmu di area rumah penduduk.

Kemudaian untuk menuju lokasi air terjun, kita diharuskan untuk berjalan kaki, dan dituntut untuk sangat berhati – hati karena akses jalannya yang cukup curam.

Perjalanan kurang lebih hanya memakan waktu 10 hingga 15 jam perjalanan. What?

Gak kok, itu tadi cuma becanda aja, cuma 10 sampai 15 menitan aja gaes. Deket kan? Tapi tetep yah, kamu harus berhati – hati di dalam perjalanan, karena bagaimana pun nyawamu sungguh berharga kok.

Keindahan Air Terjun

image source

Bisa dibilang lokasi yang satu ini masih belum banyak orang yang tahu tentang keberadaannya, dan hal tersebut menjadi nilai plus tersendiri.

Masih belum banyak terjamah oleh tangan – tangan manusia. Ketinggian yang dimiliki oleh air terjun ini juga bisa dibilang lumayan tinggi, dan terkesan sangat gagah.

Jika sudah sampai di lokasi air terjun, pandangan kita akan dibuat terpukau oleh pesonnya. Susunan bebatuan yang ada, seolah olah tersusun dengan sangat terancang, menimbulkan kesan seni yang sangat tinggi yang pastinya bukan buatan tangan manusia.

image source

Nah, jangan lupa buat kamu mengabadikan moment yang sangat luar biasa ini dengan berfoto – foto ya.

Tetap harus berhati – hati, jaga perilakumu dimana saja salah satunya di alam terbuka, jaga kebeersihan cintai lingkungan, dan selamat menikmati petualanganmu ya gaes.

Jangan lupa bantu share artikel ini, agar semakin banyak orang tahu keindahan di Lampung.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *