Domestik

Fenomena Keindahan Air Terjun Tanah Longsor di Padang Cermin, Wisata Lampung

Menelusuri Keindahan Air Terjun Tanah Longsor Yang Menakjubkan

image source

travelingholic.com – Suatu daerah yang memiliki banyak area pegunungan dan perbukitan, identik dengan kekayaan dan keindahan alamnya.

Dan Lampung adalah salah satunya wilayah di Indonesia yang memiliki banyak keindahan alam. Mulai dari wisata pantai, gunung, air terjun, dan wisata alam lainnya.

Lampung merupakan salah satu daerah yang terdiri dari area pegunungan dan perbukitan. Hal ini pasti tidak terlepas dari wisata air terjun nya.

Air terjun yang saat ini mulai menjadi hits di kalangan masyarakat Lampung ialah air terjun tanah longsor.

Lokasi Wisata Air Terjun

Untuk menikmati keindahan sebuah air terjun, pasti identik dengan diawali oleh suatu perjuangan yang tidak mudah. Salah satunya ya air terjun yang satu ini.

Berada di Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Jika dari pusat Kota Bandar Lampung, kamu memerlukan waktu yang cukup lumayan untuk bisa sampai di lokasi ini.

Kurang lebih membutuhkan waktu 3 hingga 4 jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor roda dua.

Sepanjang perjalanan kamu akan banyak melewati wisata pantai yang terkenal di Lampung, seperti Pantai Tirtayasa, Pantai Mutun, Pantai Sari Ringgung, Pantai Klara dan masih banyak lagi wisata yang terkenal.

Rute Perjalanan

Setelah melewati wilayah pesisir pantai yang banyak ditemukan wisata pantai tadi, kamu akan memasuki kawasan Angkatan Marinir, TNI Angkatan Laut.

Perjalanan dilanjutkan melewati daerah perbukitan, yang kondisi ruas jalan nya kurang terlalu lebar, sedangkan bagian kanan jalan berupa tebing, dan bagian kiri jalan berupa jurang.

Kita dituntut harus lebih fokus, dan memiliki kendaraan yang menunjang (kondisi kendaraan yang baik).

Patokan nya, setelah menemui Polsek Padang Cermin sebelah kiri jalan, atau papan nama Yayasan Pendidikan Nurul Islam sebelah kanan jalan, kita masuk ke arah jalan yang ada papan nama Yayasan tersebut.

Dari situ tinggal kita bertanya dengan penduduk sekitar saja agar lebih jelas rutenya. Walaupun rute nya tidak terlalu ribet.

Kondisi di Perjalanan

image source

Ada baiknya jika menggunakan kendaraan bermotor jenis motor trail, karena kita akan menemui jalan yang masih berupa bebatuan tajam yang posisi jalan terus menanjak menaiki gunung.

Lebih baik menggunakan kendaraan untuk menaiki gunung, namun jika memilih berjalan kaki pun tak mengapa, masalahnya jarak nya masih sangat jauh.

Nah, di atas gunung kita akan menemui tempat penitipan motor, dari dari titik tersebut baru kita dituntut benar – benar harus berjalan kaki.

Sekitar kurang lebih 30 menit perjalanan baru kita akan bisa sampai di lokasi air terjun tanah longsor.

Keindahan Air Terjun

image source

Memiliki 3 ruas air yang jatuh dari atas, menjadi fenomena yang sangat indah.

Dan seperti pada umunya air terjun di tempat lain, air terjun tanah longsor memiliki air yang sangat bening, sangat dingin, dan pastinya gak ada efek samping jika kamu ingin mencoba meminumnya langsung.

Jika beruntung, kamu akan menemui segerombolan hewan yang suka bergelantungan di atas pohon, dengan suara khas nya yang saling bersaut – sautan jika ada pengunjung yang datang. Sejenis si amang.

Tips Bagi Pengunjung

Pastikan kondisi tubuh sedang fit, kesehatan stabil, karena perjalanan ke lokasi wisata ini memerlukan tenaga yang cukup besar.

Gunakan kendaraan yang mendukung, di anjurkan menggunakan kendaraan bermotor bseperti motor trail. Karena kondisi dan akses jalan yang sangat X-tream, sangat menantang.

Untuk mengantisipasi keamanan barang bawaan, pastikan disimpan pada posisi yang aman.

Dan jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan moment yang sangat luar biasa menakjubkan ini.

Satu lagi, jagalah kebersihan lingkungan alam kita. Kita sudah diberikan keindahan alam yang sangat luar biasa, jangan sampai kita sendiri yang merusaknya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *