Domestik

Mengelilingi Keindahan Pulau Lunik Dengan Jalan Kaki, Wisata Lampung.

Pulau Lunik Dengan Keindahannya Yang Perlu Dikelola Kembali

image source

travelingholic.com – Salah satu pulau di Lampung yang memiliki keindahan yang gak kalah kerennya dari berbagai pulau cantik di Lampung adalah Pulau Lunik.

Pulau Lunik merupakan satu di antara 3 pulau yang ada di Teluk Pidada, yang dua lainnya adalah Pulau Lok dan Pulau Balak yang juga memiliki keindahan bawah lautnya.

Lunik dalam bahasa Lampung yang artinya kecil, kata lunik tersebut disematkan kepada pulau ini karena luas wilayahnya yang memang palong kecil jika dibandingkan oleh ke dua pulau lainnya.

Lokasi Pulau Lunik

Pulau Lunik masih berada pada satu kawasan dengan Pulau Balak dan Pulau Loh. Yang berada pada di Teluk Pidada, Pesawaran, Lampung. Yang bisa kamu tempuh dengan perjalanan air selama 1 hingga 2 jam perjalanan.

Cara Menuju Pulau Lunik

Kamu bisa mulai perjalanan dari Dermaga Ketapang, Teluk Ratai mengguanakan jasa penyeberangan berupa Speed Boat dengan muatan hingga 5 sampai 6 orang dengan tarif berkisar antara Rp 300.000 – Rp 400.000.

Atau menggunkan kendaraan yang lebih ekonomis berupa kapal biasa yang bisa mengangkut penumpang 15 hingga 16 orang, dengan tari yang relatif lebih murah, sekitar Rp 250.00 hingga Rp 300.000.

Keindahan Pulau Lunik

image source

Pulau kecil yang cantik ini juga memiliki pantai yang berpasir putih bersih, dengan air yang jernih dan berwarna biru. Dan buat kamu yang hobi menyelam, boleh deh mencoba untuk mengexplore keindahan bawah lautnya.

Karena kejernihan air laut yang ada di pulau yang satu ini, sampai – sampai pemandangan atau terumbu karang di bawah lautnya bisa terlihat dari permukaan.

Para penggemar snorkeling sudah pasti sangat mencari spot yang seperti ini. Denag berbagai macam jenis terumnu karang, ikan ikan hias yang jenisnya pun beragam. Sangat mampu menarik hati para pecinta snorkeling.

Pulau Lunik ini memang terbilang sangat kecil, sehingga kamu bisa berkeliling hanya dengan jalan kaki mengitari seleuruh areal pulau ini. Luasnya hanya sekitaran seperempat hektar saja.

Hal Yang Disayangkan

Menurut cerita yang beredar, dahulunya Pulau Lunik ini sempat dikuasai oleh anak penguasa di dalam negeri ini pada sekitar tahun 90′ an. Hal tersebut diperkuat oleh adanya bangunan yang sudah runtuh, yang menandakan pulau ini sebelumnya memang sudah ada yang mengurus.

image source

Kemudian hal lainnya ialah, bisa kamu temukan bangunan berupa semen yang memiliki ketinggian sekitar satu meter yang berada di seluruh hampir tepi pulau ini.

Reruntuhan bangunan tersebut sepertinya adalah bekas bangunan yang berupa cottage permanen. Namun tidak ada yang tahu, kenapa alasannya pulau yang indah ini, hingga saat ini tidak ada yang berminat untuk kembali mengelola.

Dan hal tersebut membuat Pulau Lunik ini terkesan semakin tidak terurus dan kondisinyapun semakin terbengkalai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *