Domestik

Wisata Sejarah di Wisata Situs Megalitik Batu Berak, Tempat Wisata di Lampung Barat

Berlibur dan Belajar di Wisata Situs Megalitik Batu Berak, Lampung Barat.

image source

travelingholic.com – Wisata sejarah juga ada di Lampung. Bukan hanya sekedar wisata alam seperti Pantai, Danau, Perbukitan, ataupun pegunungan yang terdapat di Provinsi Lampung, khususnya di Kabupaten Lampung Barat.

Seperti yang sudah banyak dikenal diantaranya kita bisa melakukan surfing di Pantai Tanjung Setia, atau menikmati keindahahan alam di Danau Ranau.

Namun disana juga kita bisa menyambangi wisata alam berupa sejarah, yaitu Situs Megalitik Batu Berak.

Selain kita bisa mengisi liburan, kita juga mendapatkan hal yang bermanfaat melalui situs situs sejarah yang bisa kita temui.

Lokasi Wisata Situs Megalitik Batu Berak

Jika kita melakukan perjalanan dari Liwa menggunakan kendaraan bermotor, diperlukan waktu kurang lebih sekitar 2 jam perjalanan.

Dari situ kita menuju ke lokasi yang terletak di Jalan Lebuay, Pekon Purajaya, Kecamatan Kebun Tebu, Kabupaten Lampung Barat.

Wisata Situs Megalitik Batu Berak, yang juga berada di perbatasan Lampung Barat dengan Bukit Kemuning, lokasi wisata yang menyimpan banyak aneka bebatuan yang pasti nya sudah ada sejak zaman Megalitik.

Awal Mula Ditemukannya Lokasi

Pada sekitar tahun 1951, rombongan transmigrasi Biro Rekontruksi Nasional (BRN), menemukan situs di wilayah ini, kemudian penelitian awal dilakukan oleh Prof. Ares Sukendar pada tahun 1980 silam.

image source

Lokasi tersebut awalnya merupakan lahan perkebunan kopi yang dimiliki oleh penduduk sekitar. Ditemukan sekitar 40 batu menhir, 38 jenis batu dolmen, 2 batu datar dan beberapa kelompok batu lainnya.

Pada tahun 1984 dan kemudian tahun 1989, telah dua kali dilakukan pemugaran pada tahun tersebut di lokasi wisata.

Tak jarang banyak pengunjung melakukan kunjungan untuk berwisata sejarah, ataupun melakukan riset, seperti pelajar, masyarakat umum, mahasiswa, bahkan peneliti asing pun ada yang melakukan riset nya di lokasi ini.

Hasil Temuan di Situs Megalitik Batu Brak

Batu Berak adalah Batu Banyak menurut pengertian lainnya. Dan situs yang bisa kita jumpai di lokasi wisata ini diantaranya :

image source

1. Batu Menhir

Biasa juga disebut sebagai Tiang Batu atau Batu Tegak, yang berfungsi sebagai penandaan terhadap suatu penguburan, dan dipercayai oleh sebagian orang untuk menolak bahaya, serta sebagai tempat pemberian hukum-hukum upacara besar yang akan dilakukan.

Dari banyak penjelesan yang didapat, bisa diambil kesimpulan bahwa Batu Menhir berfungsi sebagai tempat pemujaan dan juga sebagai tempat tinggal.

Sedangkan situs yang satu ini terbentuk dari Bebatuan Monolit yang beratnya mampu mencapai berton-ton.

2. Batu Dolmen

Biasa disebut sebagai Batu Meja, bau yang disangga oleh beberapa bebauan kecil di bawahnya, yang terdiri dari 4 hingga 6 bebatuan.

Tak berbeda jauh fungsinya dengan batu menhir, batu dolmen juga berfungsi sebagai tempat pemujaan.

Ditemukan dengan jumlah kurang lebih 27 buah, bebatuan dolmen terbesar ditemukan di situs telaga mukmin, dengan ukuran panjangnya yang mampu mencapai 300cm, lebarnya 209cm, serta 69cm tebalnya.

3. Batu Umpak

Digunakan hanya sebagai penyangga tiang rumah adalah fungsi dari jenis batu yang satu ini.

4. Batu Datar

Fungsinya sebagai tempat menaruh sesaji. Prinsip dasar yang dimiliki oleh batu ini hampir sama seperti yang dimiliki oleh jenis Batu Dolmen, namun hal yang berbeda ialah, Batu Datar tidak memiliki batuan penyanggah.

5. Batu Manik-manik

Batu yang berfungsi sebagai perhiasan, dan bila saat pemiliknya meninggal, perhiasan ini juga turut dikubur dan digunakan kepada si mayit.

Dan masih banyak lagi penemuan lainnya yang bisa kita temui disana seperti batu bergores, pecahan keramik lokal dan asing, serta temuan lainnya.

Kamu penasaran? Atau tertarik dengan wisata sejarah setelah membaca sedikit uraian di atas?

Yuk, kunjungi tempat wisata ini, selain bisa dijadikan tempat rekreasi, juga bisa menambah wawasanmu dalam hal sejarah.

Jangan lupa, share info tempat wisata ini, agar semakin banyak orang yang tahu tentang lokasi bersejarah satu ini. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *