Domestik

Wisata Sejarah di Nuwo Sesat Olok Gading Bandar Lampung, Berlibur Dan Belajar

Wisata Sejarah Yang Edukatif  di Nuwo Sesat Olok Gading Bandar Lampung

images source

travelingholic.com – Wisata sejarah di Negeri kita sangat melimpah .

Dan Indonesia memang sudah dikenal dengan berbagai suku nya yang beraneka ragam, budayanya, bahasanya, kebiasaaan setiap daerah, dan masih banyak lagi hal – hal unik yang menarik, yang bisa kita jumpai di Negeri ini.

Ngomong – ngomong mengenai berbagai suku di Indonesia, tak terlepas dari rumah adat yang dimiliki oleh tiap – tiap suku.

Dari yang bergaya adat Kraton, rumah joglo, rumah panggung dari masih banyak lainnya.

Dan jika kamu sedang berkunjung ke kota Bandar Lampung, disini kamu juga masih bisa menemui beberapa rumah adat tradisional yang keberadaan nya gak jauh dari pusat kota loh.

Karena dari sisi lokasinya yang mudah dijangkau, maka dijadikanlah tempat tersebut sebagai salah satu tempat wisata bersejarah di Kota Bandar Lampung.

Tempat ini bernama Nuwo Sesat Olok Gading.

Lokasi Wisata

Berada di Jalan Dr. Setia Budi, Kelurahan Negeri Olok, dengan Kecamatan Teluk Betung Barat, Bandar Lampung.

Untuk bisa mencapai lokasi, banyak fasilitas yang bisa kita gunakan jika gak mempunyai kendaraan pribadi.

Kita bisa menggunakan kendaraan umum seperti angkutan kota atau bus. Lebih baik lagi jika kita menggunakan kendaraan pribadi.

Jika sudah sampai di lokasi, tempat ini tidak memasang tarif untuk kita dapat masuk, kita hanya perlu meminta izin kepada penjaga.

Walaupun gratis, kita harus tetap menjaga lingkungan yah, seperti menjaga kebersihan dan fasilitas yang ada di sekitar area.

Wisata sejarah yang satu ini memang sudah cukup terkenal di Bandar Lampung. Dimana kita dapat mengenal salah satu rumah tradisional yang dimiliki oleh suku Lampung sendiri.

Info Nuwo Sesat Olok Gading

image source

Nuwo sesat, yang berarti rumah adat masyarakat Lampung yang sedang kita bahas ini, ternyata memiliki umur yang bisa dibilang sudah cukup tua, kurang lebih bangunan ini mencapai umur 130 an tahun.

Dengan struktur bangunan yang hampir keseluruhan memanfaatkan kayu, bangunan ini mampu berdiri kokoh walaupun sudah memiliki umur hampir menginjak 1 setengah abad.

Fungsi Rumah Panggung

Nuwo Sesat Olok Gading, memiliki fungsi umum seperti rumah adat lainnya, yaitu sebagai acara – acara adat, pertemuan para tetuanya, pernikahan, dan keperluan adat lainnya.

Dan mengapa rumah adat ini berkonsep rumah panggung? Mungkin sebagian kita sudah memahami fungsi dari bangunan berpanggung seperti ini.

Fungsi rumah panggung kebanyakan ialah untuk menghindari serangan dari hewan buas, karena pada zaman dahulu memang tempat tinggal manusia gak terlalu dari hutan.

Kemudian di samping itu, suku Lampung kebanyakan mendiami area pegunungan yang memiliki suhu rata – rata sangat dingin. Nah, rumah panggung ini juga dapat mengurangi hawa dingin bagi setiap penghuninya, karena tidak langsung bersentuhan dengan tanah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *